HUBUNGAN PELAYANAN INFORMASI OBAT DENGAN TINGKAT KEPATUHAN PASIEN HIPERTENSI

Authors

  • Amir Kemal Politeknik Tiara Bunda

Keywords:

Compliance, drug information services, relationship, hypertension

Abstract

Drug information services are very important in supporting the management and use of drugs rationally. Drug information services are very necessary, especially since many patients have not received adequate drug information. The purpose of this study was to see the relationship between drug information services and the level of compliance of hypertensive patients at the Sikumana Health Center in Kupang City. This study is a non-experimental study with a descriptive research design with a prospective approach. The sampling technique used was purposive sampling. Respondents in this study were all patients suffering from high blood pressure (Hypertension) at the Sikumana Health Center in Kupang City with a total of 50 people. Furthermore, the data was analyzed using Kendal's Tau-B correlation analysis with a significance level of p <0.005. Based on the results of statistical tests using Kendal's Tau-B correlation, a significant value of 0.004 was obtained, stating that there was a relationship between drug information services and the level of compliance of hypertensive patients, with a correlation coefficient value of 0.348 with a degree of relationship that is sufficient correlation, so it can be concluded that there is a relationship between drug information services and the level of compliance of hypertensive patients and the degree of relationship that is sufficient correlation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adityawati . dkk. 2016. Evaluasi Pelayanan Informasi Obat pada Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Puskesmas Grabag I. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis, Vol. I, No. 2, Februari 2016.

Anggara, F.H.D. & Prayanto, N. (2012). Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Tekanan Darah di Puskesmas Telaga Murni, Cikarang Barat Tahun 2012. Jurnal Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKES MH. Thamrin (Diakses Tanggal 11 Januri 2017).

Anggraini, AD., Waren, S., Situmorang, E., Asputra, H., dan Siahaan, SS. 2009. Faktor--Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Pasien Yang Berobat Di Poliklinik Dewasa Puskesmas Bangkinang Periode Januari Sampai Juni 2008.Fakultas Kesehatan. Universitas Riau. Files of DrsMed-FK UNRI : 1-41

Ardanti, R. F. 2016. Hubungan Persepsi Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Diabetes Melitus di Puskesmas Gamping. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.

CDC USA. High Blood Pressure [Online] 2014. [diakses pada 23 Oktober 2014]. Departemen Kesehatan RI, 2013, Pedoman Teknis Penemuan dan Tatalaksana Penyakit Hipertensi, Jakarta: Direktorat pengendalian penyakit tidak menular.

Dipiro, J.T., Dipiro,C.V., Wells, B.G., dan Schwinghammer, T.L., 2015 Pharmacotherapy Handbook, 9th edition. McGrawe-Hill. United States.

Dianita P. S., dkk. 2017. Evaluasi Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kabupaten Magelang Berdasarkan Permenkes RI. Dorland, W.

Evadewi, P.K.R. & Sukmayanti, Luh M.K.S. (2013).Kepatuhan mengonsumsi obat pasien hipertensi di denpasar ditinjau dari kepribadian tipe Adan tipe B. Jurnal Psikologi Udayana.

Ghea M. T., 2015. Profil Pelayanan Informasi Obat Dan Harapan Penderita Asma Di Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta.

Hardy, S., purnama, Anita, & Theresia. (2012). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Morbus Hansen dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya di Bagian Kulit dan Kelamin BLU Prof. Dr. R. D. Kandou Manado Periode November- Desember 2012.

Istirokah, I., Surtiningrum, A., & Nurullita, U. (2013). Pengaruh Terapi Terwtawa Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Penderita Hipertensi (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Pegandan Semarang).

I Gede Made Saskara Edi, 2014. Jurnal Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pasien Pada Pengobatan: Telaah Sistematik. Denpasar, Bali.

Ignatavicius, D. D., Workman, M. L., & Winkelman, C. (2016). Medical-Surgical Nursing: Patient-Centered Collaborative Care (8th Ed.). St. Loius, Missouri: Elsevier.

Jaya, N. (2009). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepatuhan pasien dalam minum obat antihipertensi di puskesmas pamulang kota tangerang selatan propinsi banten tahun 2009. Dipetik 6 November 2012.

Julius, S., 2008, Clinical Implications of Pathophysiologic Changes in the Midlife Hypertensive Patients. American Heart Journal, 122: 886-891.

Kayce Bell, Pharm.D. Calon 2015 Harrison Sekolah Farmasi, Auburn University; and Bernie R. Olin, Pharm.D., Professor Klinis Associate Pharmacy Practice, Informasi Obat dan Pusat Sumber Belajar, Harrison Sekolah Farmasi, Universitas Auburn : Hipertensi: The Silent Killer: Diperbarui JNC-8 Rekomendasi pedoman

Kemenkes RI. 2014. Infodatin Hipertensi. Jakarta : Kementrian Kesehatan RI. (diakses 19 Desember 2016).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2016, Laporan Survei Indikator Kesehatan Nasional (Sirkesnas) 2016.

Lewis, S. L., Dirksen, S. R., Heitkemper, M. M., & Bucher, L. (2014). Medical Surgical: Assessment and management of clinical problems. St. Louis, Missouri: Elsevier/Mosby.

Lestari Dwi. 2017. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian Hipertensi pada pekerja sector informal di pasar Bringharjo kota Yogyakarta.Program Studi Bidan pendidikan Jenjang Dipolma IV.FIK Universitas Aisyiyah. Yogyakarta

Morisky, D. E., Ang, A., Krousel-Wood, M., Ward, H. J. (2008). Predoctive Validity of A Medication Adherence Measure in an Outpatient Setting. Jurnal Clin Hipertens. Vol 10 (5). Diakses pada tanggal 8 Juni 2019 diwww.ncbi.nlm.nih.gov.

Notoadmodjo, 2010, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi PenelitianKesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Novitasari, Isti. 2016. Studi Deskriptif Gaya Komunikasi .Fakultas Psikologi UMP.

Nuraini, B. 2015. Risk Fators of Hypertension. Faculty of Medicine, University of Lampung. Vol. 4, No. 5, pp. 1.1

Prasaja. (2009). Ayo Bangun Dengan Bugar Karena Tidur yang Benar. Jakarta: Penerbit Hikmah.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 74 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas.

Pratiwi, D. 2011. Pengaruh Konseling Obat terhadap Kepatuhan Pasien Hipertensi di Poliklinik Khusus RSUP Dr. M. Djamil Padang, diakses tanggal 20 September 2014.

Riyadi & Widuri. (2015). Kebutuhan Dasar Manusia : Aktivitas Istirahat Tidur : Diagnosis Nanda. Yokyakarta : Gosyen Publishing.

Riset Kesehatan Dasar 2018 Dalam Angka Daerah Istimewa yokyakarta, diakses pada 11 Desember 2018.

Setiadi. (2013). Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Singalingging, G. 2011. Karakteristik Penderita Hipertensi Di Rumah Sakit Umum Herna Medan 2011. Medan : 1-6.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. (2014).Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Sustrisna, E. M., Ekawati, M. D., & Yulianti, T. (2008). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan di Apotek Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Sragen

Susi, Hiswani, & Jemadi. (2014). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Hipertensi Pada Lansia Usia Pertengahan di Desa Belang Malum Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi Tahiun 2014,2.

Sutangi, H., &Winantri. (2013). Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Wanita Lansia Posbindu Desa Sukaurip Kecamatan Balongan Indra Mayu.

Suparyanto. (2011). Konsep Ibu Rumah Tangga.

Tumiwa N. N. G, et al., 2014. Pelayanan Informasi Obat Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pasien Geriatri di Instalasi Rawat Inap RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi –Vol. 3 No. 3.

WHO 2012, World Health Day 2013, Measure your blood pressure, reduceyourrisk,diaksestanggal16Desembrer 2016.

Yeni, (2011). Hubungan Dukungan Keluarga dan Karakteristik Lansia Dengan Kejadian Stroke pada Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Perkotaan Bukit Tinggi. Tesis Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (Diaksese Tanggal 18 Januari 2017).

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Kemal, A. (2021). HUBUNGAN PELAYANAN INFORMASI OBAT DENGAN TINGKAT KEPATUHAN PASIEN HIPERTENSI. Journal of Pharmacy Tiara Bunda, 1(2), 22–28. Retrieved from https://jurnal.poltektiarabunda.ac.id/index.php/jptb/article/view/63